Resep dan Cara Membuat Ayam Kecap Manis - Resep Masakan

Post Top Ad



Nova Poker - Di Indonesia, masakan ayam kecap sudah cukup populer. Selain sebagai menu rumah, menu ini juga tersedia di warteg atau warung makan padang. Banyak yang doyan ayam kecap namun tak sedikit pula yang tidak menyukainya, kalau saya sendiri sih suka suka aja.
Nah, untuk menyingkat waktu kita, mari kita langsung saja mulai memasak, ikuti tahapan berikut untuk membuat ayam kecap manis.

Bahan Utama yang Dibutuhkan:

  • Siapkan satu ekor ayam utuh dan potong ayam menjadi beberapa bagian. Pastikan ayam sudah dibersihkan dengan benar sehingga tidak ada kotoran atau darah yang masih menempel.
  • Siapkan bawang putih sebanyak dua siung. Iris bawang putih ini tipis sebagai bahan untuk tumis.
  • Jangan lupa juga untuk tambahan bawang. Siapkan 12 siung bawang merah dan juga diiris tipis.
  • Untuk kecap, gunakan kecap kental sekitar 10-11 sendok makan. Pilih kecap dengan viskositas enak yang rasanya enak rasanya.
  • Untuk menyedapkan masakan, siapkan kecap sekitar satu sendok makan.
  • Siapkan juga jahe sekitar 5 cm.
  • Agar tidak terlalu mencurigakan (amis), siapkan jus air jeruk nipis.
  • Untuk sensasi sedikit pedas, siapkan saus tomat atau saus pedas. Bila perlu, cabe rawit juga bisa ditambahkan nanti pada proses memasak.
  • Minyak goreng dan air secukupnya.
  • Garam secukupnya.

[ Baca Juga - " Resep Yakitori Daging Sapi " ]

Cara Membuatnya:

  1. Pertama, rebus potongan daging ayam hingga sampai setengah matang.
  2. Bersihkan kembali daging ayam lalu siram dengan jus lemon pada potongan daging ayam dan aduk sampai tercampur merata.
  3. Taburkan garam pada daging ayam sekitar 1 sendok makan. Aduk sampai merata lalu diamkan sekitar 13-15 menit.
  4. Sekarang rebus air dalam panci dan tunggu sampai mendidih. Saat mendidih, masukkan daging ayam ke dalamnya dan rebus sampai matang kembali. Aduk dan aduk saat selesai daging lalu tiriskan.
  5. Sekarang siapkan bumbu. Caranya adalah dengan menggoreng irisan bawang merah dan bawang putih pada penggorengan dengan sedikit minyak. Tambahkan jahe, saus dan cabai bila perlu.
  6. Tambahkan kecap manis dan kecap inggris. Aduk perlahan sampai harum.
  7. Sekarang masukkan air bersih kira-kira 300 ML lalu masukkan potongan ayam ke dalamnya. Aduk bersama dengan bahan lainnya. Anda bisa menambahkan kecap atau garam lagi sambil mencicipinya untuk mendapatkan cita rasa sesuai selera Anda.
Nah, sekarang ayam kecap manis sudah siap dihidangkan dalam keadaan hangat. Untuk menambah citarasa, jangan lupa untuk menambahkan sambel terasi, kerupuk, lalapan dan nasi hangat.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages